thanks for visit my blog NPOHB4rt

Kamis, 10 Mei 2012

Dua Distro Linux Baru


Kabar gembira bagi Anda pecinta Linux. Di awal bulan November ini tercatat dua distro Linux popular merilis versi terbarunya, yaitu Sabily 10.10 dan Fedora 14.
Sabily 10.10
Sabily yang dulu dikenal sebagai Ubuntu Muslim Edition meupakan distro Linux turunan Ubuntu yang telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang bernafaskan Islam. Versi terbaru dari distro ini dirilis pada tanggal 3 November 2010 atau sekitar satu bulan setelah rilis Ubuntu 10.10.
Dengan codename Al Quds, Sabily 10.10 mengusung desktop Gnome 2.33, logo, tema dan wallpaper baru. Disertakan pula berbagai aplikasi Islami seperti Zekr,  Alfanous (Quran Search Engine), danMinbar. Selain itu, Sabily juga telah dilengkapi dengan  aplikasi Parental Control bernama Gnome Nanny yang dapat digunakan untuk memblokir situs tertentu maupun membatasi penggunaan komputer.
Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi alamat http://www.sabily.org .
Fedora 14
Fedora merupakan distro Linux yang secara resmi disponsori oleh Red Hat, sebuah nama besar di bisnis Linux. Pada tanggal 2 November 2010, melalui situs Fedora Project telah diumumkan dirilisnya Fedora 14 dengan codename “Laughlin”.

Laughlin menawarkan beberapa fitur baru seperti penyimpanan gambar yang lebih cepat dengan libjpeg-turbo, dukungan virtualisasi melalui KVM, desktop KDE 4.5, paket-paket dari project Meego (system operasi untuk perangkat mobile), dan bahkan interface Sugar yang digunakan untuk laptop OLPC (One Laptop Per Child). Selain itu, Fedora 14 juga menyertakan dukungan yang lebih baik untuk pemrograman menggunakan C dan C++. 
Untuk infomasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi alamat http://www.fedoraproject.com .

0 komentar:

Posting Komentar